Sabtu, 30 Mei 2015

Something "sour" in our Wonosobo



Something "sour" in our Wonosobo


Kaliasem, adalah sebuah desa di Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. ada sesuatu hal yang unik dari desa ini. yaitu sebuah mata air yang berperisa asam.
Sekilas, tak ada yang berbeda dengan mata air lainnya. Satu hal yang membuat mata air Kaliasem berbeda dengan mata air lainnya yaitu airnya yang berperisa asam.
Menurut sejarahnya, dulu Desa Kaliasem berada disekitar mata air ini. Tapi karena desas-desus akan terjadinya longsor didaerah kaliasem itu sendiri. Wargapun berbondong-bondong berpindah menuju tempat yang lebih aman yakni desa yang mereka tinggali sekarang.
Kaliasem memiliki mitos tersendiri. konon katanya,dulu pernah ada seorang kyai yang membenamkan sebuah teko disekitar pohon beringin yang mengeluarkan air. kemudian air tersebut berubah menjadi asam. hingga kini teko tersebut belum ditemukan. katanya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengambilnya.
Pesona kaliasem tidak hanya sampai disini. ketika anda berjalan menuju tempat ini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan gunung sindoro yang menakjubkjan. Apa lagi jika anda mengunjunginya saat akan muncul sunrise atau sunset. diikuti dengan aliran Sungai Kalitulang yang merupakan anakan Sungai Serayu. hamparan sawah, ladang yang merupakan sumber penghasilan wargapun ikut embuktikan betapa suburnya tanah wonosobo ini.
Ini membuat saya semakin bangga dengan Wonosobo. Banyak sesuatu yang menarik dan perlu kita kembangkan. Wonosobo ASRI!!!!







by: Setri Siam Nuari
#NJFWonosobo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar